FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Iklan

Your Ads Here
items

UKM KSB UPS Tegal Sukses Menggelar Pertunjukan Seni Teater Bertajuk "Sintren".

"Sintren" Pertunjukan Seni Teater Dari UKM KSB UPS Tegal.

    Tegal, 15 Juni 2024 - Unit Kegiatan Mahasiswa Kajian Seni Budaya (UKM KSB) Universitas Pancasakti Tegal menggelar pertunjukan teater bertajuk "Sintren" karya Zaenal MZ di Auditorium Universitas pada Sabtu malam. Pergelaran teater yang disutradarai mahasiswa ini menghidupkan kembali panggung teater di Tegal yang sempat vakum beberapa waktu terakhir.

    Acara ini diawali sambutan oleh ketua umum UKM KSB dilanjut pembukaan oleh Bapak Agus Riyanto selaku pembina UKM KSB sekaligus mewakili rektor ups yg berhalangan hadir. Dihadiri oleh kurang lebih 150 orang membuat suasana semakin khidmat dengan alunan musik yang mengiringinya.

    Para aktor yang berlakon seperti Magis, Tomat Urab, Ceplik dan Pesing menjalani latihan kurang lebih 3 bulan. Cerita yang diambil oleh KSB yaitu mengangkat Budaya Sintren. Budaya pantura ini digunakan untuk meminta keberkahan pada bumi. ujar Asisten Sutradara.

Berlangsungnya Acara Seni Teater Oleh UKM KSB UPS Tegal.

    Salah satu aktor utama yang berlakon sebagai Melati, mengungkapkan "kesulitan dari pembuatan teater ini yaitu mendalami karakter. Namun dengan latihan yang singkat didampingi oleh demisioner KSB berhasil menyajikan teater yang membuat para penonton bersorak takjub". ujar nia sebagai melati salah satu aktor yang berlakon (15/06/24).

    "Sintren" sendiri mengangkat cerita rakyat Tegal tentang Sintren, seorang penari ronggeng yang memiliki kekuatan magis. Sintren sendiri identik dengan kemenyan dan kesucian. Pementasan ini menjadi ajang bagi para peminat seni peran untuk menunjukkan talenta mereka sekaligus melestarikan budaya lokal.

    Ketua UKM KSB menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya acara ini yang merupakan hasil jerih payah seluruh anggota. "Kami berharap pergelaran ini dapat menghibur sekaligus menginspirasi masyarakat untuk lebih mencintai seni budaya daerah," ungkap zulfan selaku Ketua Umum UKM KSB UPS Tegal (15/06/24).

    Para penonton di suguhkan tarian sintren sebagai tanda acara sudah di mulai. Teater ini mengambil versi Sintren dari Cirebon jika dilihat dari musik yang mengiringinya. Dengan balutan nuansa gelap dan permainan lighting, di tambah iringan musik yang mengiringi di sela-sela acara membuat decak kagum tersendiri bagi para penonton. Acara di tutup dengan sesi tanya jawab atau sesi evaluasi kepada penonton sebagai tanda apresiasi kepada pihak yang menyelenggarakan.


SELAMAT UNTUK UNIT KEGIATAN MAHASISWA KAJIAN SENI DAN BUDAYA UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.


Penulis: Nurul Lailatussarifah, Agung Nugroho.

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643

Recent

Your Ads Here